Recent Post

NAGAPASA 2 - CEPAT, TEPAT, MENANG,

Jumat, 13 Desember 2013

9 KESATUAN BARU DI KORPASKHAS

MARGAHAYU (GM) - Keberhasilan prajurit Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU dalam mengemban berbagai penugasan merupakan refleksi militansi dan profesionalisme seorang prajurit. Namun di sisi lain para prajurit tidak boleh puas dengan keberhasilan yang telah dicapai selama ini. Sebaliknya tingkatkan kesiapan dan kesiagaan dalam menyongsong tugas ke depan.

Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI I.B. Putu Dunia pada upacara peringatan HUT ke-66 Korps Pasukan Khas TNI AU dan peresmian satuan jajaran baru Korpaskhas di lapangan upacara Mako Korpaskhas, Lanud Sulaiman Margahayu, Bandung, Kamis (17/10).


Menurut Putu Dunia, kemampuan dan profesionalisme akan terwujud bila ada konsistensi dan kesinambungan dalam pembinaan yang terus dilakukan secara terarah, terprogram, dan berkalanjutan. Semua dilakukan melalui aspek moralitas yang tercermin dalam disiplin, jiwa korsa, dan semangat juang yang tinggi. Juga aspek olah keprajuritan yang dapat diandalkan.

Korpaskhas merupakan salah satu Komando Utama Pembinaan (Kotamabin) TNI AU yang bertugas membina kekuatan dan kemampuan satuan Paskhas sebagai pasukan matra udara. Pasukan ini memiliki empat kemampuan, yakni pertempuran darat meliputi operasi pertahanan pangkalan, alutsista, instalasi TNI AU serta operasi perebutan dan pengendalian pangkalan udara.

Sedangkan kemampuan matra udara, lanjut KSAU, meliputi pengendali tempur, pengendalian pangkalan, SAR tempur dan jumping master, kemampuan pertahanan udara meliputi taktik dan teknik pertahanan udara titik serta kemampuan khusus meliputi intelijen, aksi khusus penanggulana teror, dan bantuan teknik khusus.

Sementara memasuki usia ke-66 Korpaskhas meresmikan sejumlah satuan baru, juga satuan elite Paskhas yang dimiliki antiteror, yakni Detasemen Bravo (Den Bravo).

Pada puncak peringatan HUT Paskhas tersebut diresmikan 9 kesatuan Paskhas yang dituangkan dalam bentuk berita acara di lingkungan Korpaskhas.

Kesatuan yang baru ini yakni Denhanud 471 Paskhas Jkt, Denmatra 1 Paskhas Jkt, Denhanud 472 Paskhas Mks, Denmatra 2 Paskhas Mlg, Wing III Paskhas Mdn, Denhanud 473 Paskhas Ptk, Den 901/Intel Paskhas Boo, Den 902/Aksus Paskhas Boo, dan Den 903/Bansus Paskhas Boo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar